Sejarah Singkat Ringtone

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtRpzMrF1qj8oGi9RxXnO41TDQKcfHrJU4tDuY2gLGP2eJaN5JipjO1msaeEkWt3YzyZA0Gf_bXlU6MErpLcuxIgofn53hdXStGasrA1zM3EJnWV-DmIeoqnvMOnQAOWjN5gOD8CXUrtp6/s400/mobile-ringtone-converter.jpgRingtone komersial pertama dibuat oleh operator selular Finlandia pada tahun 1998. ringtone mulai bisa di-download dari Internet yang berada di RTTTL (Ring Tone Text Transfer Language), di mana menggunakan format berbasis teks sederhana yang digunakan dalam membuat musik. ringtone ini bisa di-download ke ponsel pengguna melalui inframerah, Bluetooth dan SMS.

Jenis Monophonic tersebut dikembangkan berdasarkan RTTTL. Sebuah melodi lagu yang sederhana ini dihasilkan secara berurutan dengan frekuensi yang berbeda, yang akhirnya hanya menghasilkan hanya satu suara pada suatu waktu.

Kemudian, terdengarlah ringtone polyphonic yang disebut superior, di mana lagu-lagu yang terdengar mirip dengan musik yang sesungguhnya. Kebanyakan ponsel sekarang dapat memainkan ringtone semacam ini.

http://www.tekniikkatalous.fi/multimedia/dynamic/00104/Vesa_Matti_Paananen_104841c.jpg
Yang pertama kali membuat ringtone adalah harmonium, yang dikembangkan oleh Vesa-Matti Paananen, seorang programmer komputer Finlandia. ringtone ini dirilis pada tahun 1997 untuk digunakan pada fitur pesan dan email dari Nokia.

Setelah itu, beberapa provider mulai membebaskan pengguna untuk membuat ringtone sendiri, baik dengan komposer melodi ataupun dengan arranger sampel / loop, seperti pada MusicDJ di ponsel Sony Ericsson. Biasanya, layanan tersebut menggunakan format encoding yang hanya tersedia pada suatu merk ponsel tertentu. Format lain seperti MIDI dan MP3, biasanya harus di-download dari internet sebelum bisa digunakan sebagai ringtone.

Pada tahun 2005 SmashTheTones yang sekarang berubah namanya menjadi Mobile17, menjadi pilihan utama sebagai pihak ketiga yang memungkinkan ringtone dapat diunduh secara online tanpa memerlukan software atau editor audio digital. 

Kemudian disusul oleh Apple iPhone yang memungkinkan penggunanya untuk membuat ringtone sendiri dari iTunes meskipun banyak kesulitan, seperti dibatasnya waktu yang hanya sampai 40 detik. Sekarang ini banyak situs web yang memungkinkan pengguna membuat ringtone sendiri dari musik digital atau file suara lain, dimana mereka bisa meng-upload secara langsung ke ponsel mereka tanpa dibatasi jumlahnya.

Rekomendasi Sejarah

Join Us

 

Arsip Sejarah