Sejarah Dibalik Kesuksesan Solaria
2. Awal mula hanya sebuah kedai sederhana
3. Solaria menyediakan hanya menu makanan sehari-hari, tidak ada menu esklusif, inovatif dan baru
4. Tersebar di 130 gerai di 25 kota di tanah air
5. Yang luar biasa, 130 gerai solaria masih dimiliki sepenuhnya oleh pendirinya
6. Sang pendiri dan pemilik solaria (tidak ingin disebutkan namanya) menjalankan bisnisnya sendiri bersama 3 karyawanya
7. pendiri solaria konon tidak begitu paham mengenai teori-teori pemasaran seperti segmentasi, targeting dab positioning
9. solaria hadir hampir di seluruh pusat perbelanjaan, di kota-kota besar baik provinsi maupun kabupaten di seluruh indonesia
10. solaria lebih menekankan komunikasi pemasaran mengenai restonya sendiri, ketimbang memasarkan secara khusus masakan tertentu seperti yang dilakukan resto lain
11. Kekuatan #solaria salah satunya karena menawarkan sejumlah masakan yang disukai lidah orang banyak dipadukan dengan masakan cina yang sangat dikenal dan pas di lidah orang indonesia
12. harga yang terjangkau menjadi salah satu kekuatan juga, dimana pengunjung yang datang mampu bayar
13. dengan kekuatan tersebut solaria bisa lebih efisien, karena tidak perlu bekerja keras mengiklankan masakanya, sebaliknya, #solaria bisa fokus pada menu yang ada serta memperbaiki rasa dan penyajuanya.
14. pertama kali didirikan solaria hanya punya 1 gerasi di ruko di lippo cikarang, tanggerang
15. tiga tahun kemudian memiliki 10 gerai
16. 6 gerai #solaria harus ditutup, karena karena terbakar akibat kerusuhan
17. 10 tahun setelah kebakaran, #solaria berkembang menjadi 130 gerai.
18. dengan kata lain tiap tahun, #solaria meluncurkan 10 gerai
19. solaria ingin terlihat berkelas dengan Gerai #solaria yang minimalis dan modern, walaupun dari disisi harga dan menu tidak terlalu luar biasa.
20. hanya ada bagian akunting, purchasing dan delivery, sisanya karyawan resto.
21. kesuksesan solari karena menawarkan konsep murah dan banyak, serta hadir dilokasi-lokasi yang strategis
22. solaria bermain di segmen menegah kebawah ketimbang segmen atas
23. segmen atas, sedikit pembelinya sehingga bisa mematikan bisnis dengan cepat
24. solaria bermain disisi volume, bisnisnya berputar cepat dan akhirnya justru itu membuat namanya dikenal orang