Sejarah Dibalik Video Pertama Di Youtube

http://rack.2.mshcdn.com/media/ZgkyMDEyLzEyLzA0L2QwL3lvdXR1YmV0b2N1LjlNRi5qcGcKcAl0aHVtYgk5NTB4NTM0IwplCWpwZw/ea9860ba/feb/youtube-to-cut-funding-for-most-original-premium-channels-8bb4ae8a43.jpg

Youtube sudah menjadi situs internet yang sangat populer. Selain itu, Youtube juga mencatat pertumbuhan bisnis yang sangat cepat. Tiga anak muda, Chad Hurley, Jawed Karim, dan Steve Chen resmi meluncurkan situs ini bertepatan dengan Hari Valentine, yakni 14 Februari 2005.

Selama 40 hari, situs Youtube menjalani ujicoba. Video pertama yang diunggap (upload) ke Youtube tidak lain adalah video punya pemiliknya sendiri yang berjudul ‘Me at the Zoo’. Video ini menggambarkan Jawed Karim di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS). Video tersebut diambil oleh rekan Jawed bernama Yakov Lapitsky.

Dalam video terekam gambar Jawed di depan kandang gajah. Dari sisi tampilan, video ini sebenarnya tidak terlihat menarik. Cuma, dari video inilah kemudian terjadi perilaku baru yang sangat signifikan mempengaruhi jagad internet. Dari satu video yang sebenarnya ‘sama sekali nggak penting’ kemudian Youtube berkembang sangat pesat.

Satu tahun setelah video ‘Me at the Zoo’ diunggah, Youtube kebanjiran kiriman. Pada Juli 2006, sekitar 65 ribu video diunggah ke Youtube setiap hari. Fantastis bukan?

Pertumbuhan pesat ini pun lalu menjadi perhatian tersendiri bagi penguasa dunia maya: Google. Perusahaan ini tertarik untuk mengakuisisi Youtube. Dengan mengeluarkan duit sebesar 1,65 miliar dolar AS (sekitar Rp 15 triliun), Google berhasil mengakuisisi Youtube pada Oktober 2006.

Rekomendasi Sejarah

Join Us

 

Arsip Sejarah