Sejarah Perkembangan Roller Coaster

http://naningisme.files.wordpress.com/2012/03/roller-coaster-2.jpg

Ternyata roller coaster sudah ada sejak abad 18.Roller coaster yang disebut Russian Mountains dibangun khusus di perbukitan es,Saint Petersburg pada tahun 1784.Roller Coaster pertama tersebut dibuat di bawah pesanan Russia's Catherine the Grhe Gardens of Oranienbaum.Ada bersi lain yang mengatakan bahwa roller coaster pertama dibangun oleh perancis pada tahun 1812.

http://entertainmentdesigner.com/wp-content/uploads/2011/10/mcr1.jpgpada tahun 1827 perusahan di Summit Hill,Pennsylvania membangun kereta Mauch Chunk Gravity sejauh 14km di bawah bukit Mauch Chunk yang kini dikenal dengan Pennsylvania.Pada tahun 1850-an,Gravity Road tersebut banyak digunakan penumpang dengan membayar 50 sen sekali naik.

LaMarcus adna Thompson yang bekerja di Gravity Switchback Railway membuka coney island di brooklyn,New York pada tahun1884.Dia membuat roller coaster yang dapat naik turun.Pada tahun 1886,Thompson mematenkan disain roller coster-nya itu.

Pada tahun 1959,taman bermain Disneyland memperkenalkan desain roller coaster yang baru dan roller coaster inilah yang pertama kali menggunakan trek baja berbentuk pipa.Sebelumnya trek menggunakan kayu.Kini desain roller coaster semakin berkembang dengan beragam bentuk.Di tempat-tempat hibuan besar,roller coaster menjadi salah satu permainan yang paling digemari karena sensasinya yang mampu memacu adrenaline.

Lain-lain
Roller coaster merupakan bentuk permainan yang banyak kita jumpai di taman hiburan(amusement park). Hampir disemua taman hiburan besar, sajian ini dapat menjadi magnet untuk menarik pengunjung, baik "anak kecil" maupun dewasa.

Bentuk permainan ini ternyata mempunyai sejarah yang cukup panjang. Prinsip permainannya sudah dikenal pada abad ke 16, di Rusia. Dimana pada musim dingin, bukit yang membeku dengan bermodalkan balok kayu dijadikan tempat berselancar. Dimusim panas papan seluncur dilengkapi dengan roda. Kemudian ide ini dibawa oleh tentera Napoleon ke Eropa barat (Perancis), hingga disana dikenal dengan nama "Montagnes Russes"(Gunung Rusia).

 http://funfair.free.fr/pictures/history_switchback1884.jpg

Roller coaster pertama (konstruksi angka 8) yang bentuknya seperti sekarang ini dibuka di Coney Island (Brooklyn, New York, Amerika), tahun 1884,dengan nama "Gravity Pleasure SwitchBack Railway".

Rekomendasi Sejarah

Join Us

 

Arsip Sejarah