Sejarah Singkat Kode Pos

Pernah nyasar atau kebingungan saat sedang mencari lokasi kantor atau alamat rumah seseorang? tenang, karena kamu bukan satu-satunya orang yang pernah mengalami kebingungan tersebut. Karena sebelum diterapkannya sistem KODE POS, hampir semua orang di seluruh dunia pernah mengalami kebingungan saat sedang mencari sebuah alamat.

Tapi taukah kamu, bahwa saat pertama kali digunakan, kode pos hanya bertujuan untuk memudahkan pekerjaan di kantor pos sewaktu menyortir surat. Bahkan di berapa negara tertentu (Amerika Serikat), sebenarnya sudah mengenal sistem postal zone sebelum menerapkan sistem Zone Improvement Plan (ZIP). Dinas pos negeri tersebut sudah menambahkan satu atau dua digit angka dibelakang nama kota. Misalnya, Minnesota 16 atau St. Petersburg 1.

Sistem kode pos pertama kali diterapkan di Jerman pada tahun 1941, Inggris menyusul di tahun 1959, dan Amerika Serikat di tahun 1963. Dan sekarang sudah lebih dari separuh negara-negara di dunia menggunakan sistem kode pos.

Umumnya, kode pos dibuat berupa deretan angka/huruf/karakter tertentu yang berjumlah 4 - 8 digit. Susunan digit tertentu biasanya merujuk pada wilayah tertentu, seperti kelurahan, kompleks perumahan, atau instansi pemerintah yang memiliki volume surat menyurat cukup tinggi.

Di Eropa, di negara yang saling berdekatan dan menggunakan bentuk kode pos yang sama, harus menambahkan kode dari License Plate Codes, yang sebenarnya digunakan untuk kendaraan bermotor. Seperti "D" untuk Jerman atau "I" untuk Italia. Sedangkan kode pos di Argentina & Turki malah menambahkan kode berdasarkan International Organization of Standarization, yang merupakan kode internasional untuk negara atau wilayah di dunia.

Ditahun 1983, Amerika memperkenalkan sistem baru ZIP +4, dimana kode pos yang ada ditambah empat karakter yang merupakan kode blok dari alamat. Jepang pun menambah dua digit ditahun 1998, sehingga menjadi 7 digit.

Sementara di Indonesia, sejak pertama kali digunakan pada tahun 1980-an hingga sekarang, sudah merasa cukup dengan lima angka kode pos. Dua digit pertama menunjukan kotamadya atau kabupaten, seperti "12" untuk Jakarta Selatan atau "50" untuk semarang..

Rekomendasi Sejarah

Join Us