Sejarah Handphone HTC Corporation

 
winnux.wordpress.com - HTC (High Tech Computer Corporation) berdiri pada tahun 1997 dan berasal dari Taiwan,didirikan oleh Cher Wang dan Peter Chou.Cher Wang yang bernama lengkap Cher Mi Wang sendiri merupakan anak perempuan dari salah satu orang terkaya di Tawian Wang Yung Ching,pemilik perusahaan petrokimia terbesar di Taiwan.

Sebelum membuat produk smartphone, HTC adalah perusahaan yang membuat computer notebook.Dan sejalan dengan waktu akhirnya HTC membuat dan mengembangkan produk untuk merk lain atau yang biasa dikenal sebagai original design manufacturer (perusahaan yang merancang dan memproduksi suatu produk dan diberi merk lain).Dan sukses pertama kalinya dalam bidang mobile computer (thn 2000) adalah mendapat order dari Compaq (HP setelah diakuisisi).

HTC juga memproduksi peralatan untuk Qtek,Dopod,Dell,Fujitsu-Siemens,i-mate dan Sharp.D

HTC Advantage
Dan HTC menjadi terkenal pada tahun 2002,ketika Pocket PC pertama dengan menggunakan OS dari Microsoft.Dan banyak menarik perhatian dari penyedia layanan wireless terbesar di dunia seperti:AT&T, T-Mobile, Verizon Wireless, Sprint Nextel, O2, Vodafone and Orange.

Tahun 2006 menjadi titik balik bagi HTC karena mulai menawarkan produk smartphone dengan merk sendiri HTC.Dan pada awal tahun 2006,HTC meluncurkan alat baru yang powerfull dari sisi form factornya yaitu: HTC Advantage, dengan layar sebesar 5″,keyboard QWERTY yang dapat dilepas.

HTC mulai merancang peralatan handheld dengan sistem sentuh dan wireless pertama di dunia pada tahun 1998.Dan HTC terkenal dengan inovasinya.Dan produk-produk HTC menawarkan kemudahan dalam pemakaiannya,dan produk-produknya mencakup mobile multimedia,wireless dan internet.Dan selalu menjadi yang “pertama di dunia” dalam berbagai hal,seperti:

-PC ukuran telapak (palm-size PC) berwarna pertama (1999).
-Microsoft Pocket PC pertama (2000).
-Microsoft Wireless Pocket PC pertama (2002).
-Microsoft Powered Smartphone pertama (2002).
-Microsoft Smart Music Phone pertama (2004).
-LCD display ukuran besar 2.8″ TFT touch-screen pertama
-Microsoft 3G Phone pertama (2005).
-Microsoft Windows Mobile 5.0 Platform Phone pertama (2005)
-Tri-band UMTS 3G device on the Microsoft Windows Mobile platform pertama (2006).
-Microsoft Windows 5.0 Smartphone (2006).
-Tri-band UMTS PDA pertama.
-Intuitive touch screen to allow finger tip navigation pertama (June 2007).
- Android OS phone pertama di dunia – HTC Dream (T-Mobile G1)

Dan kalau kita lihat diatas banyak produk dari Microsoft,karena memang awalnya perusahaan HTC ini membuat smartphone-nya berdasarkan pada platform Microsoft Windows Mobile.Dan dipilih oleh Microsoft sebagai hardware platform development partner untuk sistem operasi Windows Mobile.Kemudian pada tahun 2009 mulai beralih dari platform Windows Mobile ke platform sistem operasi Android,serta pada tahun 2010 ke sistem operasi Windows Phone.

HTC juga menjadi anggota dari Open Handset Alliance,sebuah group pembuat handset dan mobile network operator yang berfokus padan pengembangan dari sistem operasi Android.Dan hasilnya adalah produk HTC Dream yang merupakan produk handphone Android pertama.

Faktor utama yang membuat HTC menjadi besar adalah pada ide inovasinya.Dan melakukan investasi yang sangat besar pada R&D(research and development) yang dapat dilihat dari jumlah pegawai di bidang ini hampir seperempatnya.

Pada Juni 2007 HTC meluncurkan seri HTC Touch sebagai hasil riset dari bagian R&D yang terus menerus.Dan inovasi dari HTC Touch ini adalah TouchFLO yang memungkinkan kita cukup menyapu layar dengan menggunakan jari untuk masuk ke isi,kontak dari smartphone.

HTC telah menjadi perusahaan yang berkembang sangat cepat di pasaran smartphone,dan mendapat pengakuan no.3 dari Business week sebagai perusahaan teknologi terbaik pada tahun 2006.Dan tahun selanjutnya menjadi urutan no.2 di Asia.

Dan sesuai dengan misi mereka yaitu menjadi pemimpin dalam bidang peralatan komunikasi dan informasi mobile dengan selalu menyediakan value-added design,sebagai pabrikan kelas dunia.HTC berkomitmen untuk menjadi penggerak bagi pertumbuhan dan menambah kemampuan bagi teknologi smartphone.

Rekomendasi Sejarah

Join Us