Sejarah Dibalik Penemu Gantungan Baju

http://lh4.ggpht.com/-bjfdx0fAw-A/T5eetwUtRPI/AAAAAAAA3so/WFc1iv_sPlQ/wire%252520coat%252520hangars_thumb%25255B3%25255D.jpg?imgmax=800

Suatu pagi di tahun 1903, Albert J Parkhouse tiba di tempat kerjanya, Timberlake Wire and Novelty Company, di Jackson, Michigan. Ini adalah perusahaan kap lampu dan komponennya. Sampai di kantor dia hendak menggantukan jasnya di salah satu pojok ruangan yang memang sudah disediakan untuk semua karyawan. Cuma, saat itu semua paku yang dipakai untuk menggantungkan jas terisi penuh.

Dia tak kehilangan akal. Parkhouse lalu mengambil kawat dan membentuknya menjadi mirip gantungan baju yang kita lihat saat ini. Lalu dia taruh jasnya di kawat, dan kawatnya kemudian digantungkan di paku yang sebenarnya sudah terisi jas milik karyawan yang lain.

Melihat kelakuan Parkhouse, pihak perusahaan lalu muncul insting bisnisnya. Itu dianggap sebagai ide yang potensial untuk dikembangkan. Lalu perusahaan menyarankan Parkhouse mematenkan kawat gantungan baju buatannya. Pada 25 Januari 1904, dia patenkan gantungan baju itu dengan nomor #882.981. Kemudian pengembangkan dari gantungan baju ini dipatenkan lagi di tahun 1907.

Sebagian sejarawan menyebutkan bahwa penemu gantungan baju adalah Presiden Thomas Jefferson. Namun buktinya tidak tercatat paten, sehingga kebanyakan orang percaya bahwa Parkhouse-lah yang menemukan gantungan baju yang sekarang banyak kita gunakan.

Tahun 1906, Meyer May menjadi penjual baju pertama dengan merek Grand Rapids di Michigan yang menggunakan gantungan baju untuk mendisplay dagangannya. Dan saat ini, bisa dikatakan semua toko busana menggunakan alat tersebut untuk mendisplay baju. Bentuk gantungannya pun telah berkembang menjadi banyak rupa.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Sukses Dibalik Nama Besar Acer

http://l.yimg.com/ea/img/-/120529/acer_450x340_17s84m3-17s84mi.jpg?x=450&q=80&n=1&sig=ZnWWceIfIJFicVeUCLBFtQ--

Nama Acer sudah tidak asing lagi bagi penikmat teknologi, khususnya di Indonesia. Acer dikenal dengan berbagai macam jenis produknya seperti komputer, laptop, netbook, notebook, hard disk, LCD dan produk lainnya. Di balik nama besar Acer, berdiri seorang tokoh besar yang membuat Acer cukup sukses dalam dunianya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kisah pengusaha sukses yang berada di balik nama Acer, pengusaha sukses sekaligus pemimpin grup perusahaan Acer itu bernama Stan Shih.

Kelahiran dan Masa Kecil
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/62/Shi_Zhengrong_-_World_Economic_Forum_Annual_Meeting_2012.jpg/220px-Shi_Zhengrong_-_World_Economic_Forum_Annual_Meeting_2012.jpgStan Shih atau dikenal juga dengan nama Shi Zhenrong dilahirkan di Taiwan pada tanggal 8 Desember 1944. Kelahirannya beberapa saat sebelum berakhirnya masa penjajahan Jepang di Taiwan pada tahun itu. Kisah pengusaha sukses ini ketika kecil tergambar cukup menyedihkan. Terlahir dari keluarga yang miskin, sejak kecil Stan sudah mulai membantu ibunya yang tidak memiliki suami lagi untuk berjualan telur. Kemiskinan yang dialami keluarga Stan Shih dan penduduk Taiwan lainnya diakibatkan dari penjajahan Jepang. Namun, kisah pengusaha sukses ini menjadi teladan bagi tokoh-tokoh Taiwan. Jiwa wirausaha dan kemandirian yang telah dimiliki Stan kecil berimbas pada kehidupannya sekarang sebagai bos besar grup Acer.

Pendidikan
Kisah pengusaha sukses ini tidak berakhir sampai disitu saja. Setelah menyelesaikan pendidikannya di bangku Sekolah Menengah Atas, National Jiao Tong University menjadi tujuan berikutnya bagi Stan dewasa untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Stan memilih jurusan teknik elektro dan memiliki gelar sarjana di bidang itu. Masih di universitas yang sama, Stan memperdalam ilmu tentang teknik elektro yang ia dapatkan saat menjadi sarjana, ia pun mendapatkan gelar Master di bidang teknik elektro.

Sejarah Berdirinya Acer

Kisah pengusaha sukses ini berlanjut pada awal berdirinya Acer, dengan dibantu sang istri yang bernama Carolyn Yeh, Stan mendirikan sebuah perusahaan pada tahun 1976 yang bernama ‘Multitech’. Akan tetapi pada tahun 1987 perusahaan Multitech beganti nama menjadi Acer dan nama tersebut masih bertahan hingga sekarang. Seiring berjalannya waktu, perusahaan tersebut menjadi perusahaan komputer terkemuka di Taiwan. Pada pertengahan tahun 1990an, Stan berhasil menjadikan Acer sebagai salah satu merk PC (Personal Komputer) terkemuka di dunia. Saat itu, merk Acer bersaing dengan nama NEC dan Toshiba yang berasal dari Jepang, serta Dell Hewlett-Packard (HP) yang berasal dari Amerika Serikat. Tidak ketinggalan merk-merk terkemuka di Eropa ikut pula menjadi pesaing Acer.

Catatan dari kisah pengusaha sukses ini membeberkan bahwa Stan mempekerjakan 39.000 orang karyawan yang berasal dari lebih 100 negara yang berbeda. Kantor pusat Acer berada di Taiwan, tepatnya di sebuah kota yang bernama Sijhin yang terletak di Taipei Country. Penjualan Acer di wilayah Amerika Utara sempat merosot, tapi semakin meningkat di pasaran Eropa. Di Eropa sendiri, Acer menjadi sponsor untuk Tim Formula 1 Ferrari dan Prost Grand Prix.

Mundurnya Stan dari Acer
Dalam kisah pengusaha sukses ini, tercatat pada tahun 2004 tepatnya saat menginjak usia 60 tahun, Stan memutuskan untuk pensiun dari kepengurusan perusahaan yang telah ia dirikan sejak 1976. Hal tersebut membuat orang-orang tercengang karena Stan memutuskan untuk pensiun di saat Acer sedang berkembang pesat menjadi salah satu perusahaan komputer ternama di dunia. Selain itu, pensiunnya Stan dianggap sesuatu yang tidak begitu lumrah bagi adat kebiasaan Tionghoa. Bangsa Tionghoa dikenal sebagai bangsa yang tidak akan berhenti bekerja sampai kondisi jasmani dan rohani mereka tidak memungkinkan lagi. Oleh sebab itu, pensiunnya Stan di usianya yang ke-60 tahun itu dianggap terlalu cepat.

Namun Stan tidak setuju dengan prinsip dasar orang-orang Tionghoa itu, Stan ingin mengalihkan kepengurusan perusahaannya pada mereka yang masih muda dan segar sehingga perusahaan dapat berkembang pesat dan mengikuti perkembangan jaman. Stan berargumen bahwa perusahaannya kurang agresif karena masih menggunakan gaya lama. Pensiunnya Stan di usia yang masih terbilang mampu untuk menjalankan suatu perusahaan diharapkan dapat menjadi panutan bagi para pengusaha lainnya. Tentu saja kisah pengusaha sukses ini layak untuk menjadi panutan bagi masyarakat.

Keseharian dan Kehidupan Pribadi Stan
Selain dikenal sebagai seorang pengusaha milioner terkemuka, Stan juga dikenal sebagai pemimpin yang selalu meperhatikan karyawan-karyawannya. Stan juga memperlakukan para pegawainya dengan baik dan menganggap mereka seperti keluarganya sendiri. Kisah pengusaha sukses ini juga mencatat bahwa Stan tidak pernah lupa untuk melibatkan karyawan-karyawannya dalam pembagian keuntungan yang didapatkan perusahaan. Selain itu, Stan dikenal sebagai pria yang hidup sederhana bersama keluarganya walaupun statusnya adalah seorang milioner. Kesederhanaannya mengacu pada gaya klasik Taiwan dan sebagai seorang sosok panutan, Stan dikenal sebagai pria yang humoris, santai dan tangguh. Tidak heran apabila kisah pengusaha sukses yang berasal dari Taiwan ini menjadi bahan referensi bagi pengusaha-pengusaha dunia lainnya.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Peluit Wasit Pada Pertandingan Bola

 http://images.detik.com/content/2005/09/13/427/PeluitWasit.jpgDulu, sepak bola dimainkan tanpa peraturan yang ketat. Setelah banyak peraturan dipakai, barulah sepak bola memakai seorang wasit. Namun, wasit sering kesulitan memberi tanda ketika terjadi pelanggaran.

Maka, muncullah ide memakai peluit. Pertandingan sepak bola pertama yang memakai peluit terjadi di Notthingham pada 1878. Jenis peluitnya masih sederhana.

Baru pada 1884, warga Birmingham, Joseph Hudson, menemukan peluit yang lebih nyaring dan mudah dibunyikan dan diberi nama “Acme Thunderer”

Jenis peluit itu yang bertahan sampai sekarang. Model bisa berubah, tapi konstruksi dan desain dasar peluit yang dipakai sepak bola saat ini tak jauh berbeda dengan peluit yang ditemukan Hudson.

Sejak dibuat tahun 1884, peluit itu memang terkenal. Hudson sendiri akhirnya terus memproduksi peluit tersebut. Pemakainya tak hanya di sepak bola, tapi juga kepolisian, transportasi kapal, sampai untuk musik reggae.

http://images.quickblogcast.com/115671-107959/jHudsonFirstPolicewhistleMancheterPolicePre188217Markstadresswhistlemuseum.jpg?a=30

Hudson sendiri akhirnya mendirikan pabrik peluit itu di Birmingham. Hingga sekarang, sudah hampir 200 juta peluit yang diproduksi pabrik tinggalan Hudson tersebut dan telah dipakai di banyak keperluan, utamanya sepak bola. Berikut beberapa model peluit yang diproduksi Hudson & Co.

Jenis peluit pertama yang kemudian menjadi pakem sebagai peluit sepak bola.

Acme Thunderer Version Two (1920)
Desainnya tetap sama, cumua ukuran peluit agak kecil. Selain itu, suaranya lebih bagus dan keras. Mudah ditiup dan cocok untuk wasit sepak bola.

Model No. 60 1/2 (1923)
Peluit ini didesain untuk suasana pertandingan yang penontonnya banyak. Dengan demikian, suaranya tak kalah oleh gelegar sorak-sorai. Peluit ini diyakini pertama kali dipakai di final Piala Wembley pada 1923.

Pro-Soccer Whistle (1930)
Ini peluit yang lebih kuat dan bisa terdengar sampai ke pojok-pojok stadion, meski stadion penuh sesak oleh penonton, dengan teriakan-teriakan yang membahana. Peluit ini diproduksi Hudson & Co pada 1988 dan digunakan di Piala Dunia, Liga Champions, Piala UEFA, dan kompetisi di banyak negara.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

http://sarahma.net/wp-content/uploads/2012/07/ujian.jpgUjian ini pada awalnya disebut SKALU (Sekretariat Kerja sama antar Lima Universitas) yang pertama kali diadakan secara serentak oleh lima perguruan tinggi negeri pada tahun 1976. Ke lima PTN ini merupakan lima PTN paling diminati (favorit) oleh para calon mahasiswa. Perguruan tinggi negeri (PTN) yang terlibat dalam program rintisan itu adalah Universitas Indonesia di Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, dan Universitas Airlangga di Surabaya.Dengan sistem ujian masuk secara serentak ini, para calon mahasiswa tidak usah melakukan perjalanan jauh untuk menempuh beberapa ujian masuk perguruan tinggi negeri favorit pada waktu dan tempat yang berbeda untuk meningkatkan kemungkinan mereka diterima. Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional), sistem ujian bersama ini bertujuan menolong para calon mahasiswa untuk menghemat waktu dan biaya walaupun sistem ini jelas mengakibatkan peluang seorang calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN favorit menjadi hilang.

Pada 1977, sistem SKALU diperbaiki dengan mengharuskan mahasiswa memilih program studinya dan bukan hanya perguruan tinggi yang ingin dimasukinya. Atas pertimbangan jumlah PTN, standar dan lokasi, pada 1979 sistem ini dikembangkan dengan melibatkan lebih banyak perguruan tinggi negeri, yang dibagi ke dalam tiga kategori.Kategori pertama di beri nama Proyek Perintis 1 yang melibatkan 10 perguruan tinggi, yaitu kelima perguruan tinggi di atas ditambah dengan Universitas Padjadjaran di Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Brawijaya Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Universitas Sumatera Utara di Medan.Di masyarakat luas, Proyek Perintis 1 ini lebih dikenal dengan nama SKASU (Sekretariat Kerja sama Antar Sepuluh Universitas). Dalam sistem ini, mahasiswa diizinkan memilih tiga program studi di tiga perguruan tinggi.

Setelah kategori pertama, IPB, UI, ITB, dan UGM menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian yang dikenal dengan nama Proyek Perintis 2. Sementara itu, 23 perguruan tinggi negeri lainnya mengembangkan sistem yang mirip Proyek Perintis 1 dengan nama Proyek Perintis. Sedangkan kategori tiga, yaitu perintis tiga, merupakan seleksi pada 23 PTN lainnya dengan proyek perintis tiga. Pada saat yang sama, 10 IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) mengembangkan sistem penerimaan dengan nama Proyek Perintis 4.

Beranjak pada tahun 1983, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memperbarui kondisi ini, dengan melibatkan semua PTN bergabung pada sebuah sistem penerimaan mahasiswa baru yang dikenal dengan SIPENMARU. Saat itu, juga tumbuh sebuah model penerimaan mahasiswa tanpa ujian, yang kemudian disebut sebagai penelusuran minat dan kemampuan (PMDK).

Kemudian pada tahun 1989, PMDK di beberapa PTN terhapus dan SIPENMARU pun ikut berubah nama menjadi UMPTN (ujian masuk perguruan tinggi negeri). Nah, saya rupanya tergolong mahasiswa era pertengahan, yang masih menikmati persaingan perebutan kursi PTN melalui pintu UMPTN.

Hingga tahun 2001, UMPTN pun kembali bermetamorfosis menyusul dikeluarkannya SK Mendiknas No 173/U/2001 yang mengubah namanya menjadi SPMB. SPMB ini dikelola oleh perhimpunan SPMB yang konon kebanyakan diisi oleh mantan pejabat di PTN terkenal.

Kisahpun berlanjut. Seakan tak ingin kehilangan momen reformasi, para rektor PTN mulai merasakan nikmatnya diperiksa oleh Irjen Depdiknas, BPK, bahkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dari sini, mulai muncul kegelisahan para rektor tentang pertanggungjawaban keuangan PTN yang aman dan transparan.Dari sini muncul ide untuk menyerahkan pengelolaan SPMB dari perhimpunan kepada PTN. Artinya, jika ditangani panitia bersama, maka dana yang diterima PTN adalah PNBP. 

Sementara perhimpunan SPMB adalah badan hukum independen, sehingga dana yang diterima bukan lah PNBP.Kesalahpahaman itu kian meruncing, dan seakan membuktikan betapa tidak jelasnya aturan main yang ada, sehingga menimbulkan berbagai persepsi. Surat Keputusan Menteri Keuangan terkait PNBP sudah keluar sejak tahun 200, sementara perhimpunan SPMB menganggap mereka tidak melanggar ketentuan, karena telah berdiri sebagai badan hukum yang tidak perlu menyetor PNBP.Di sisi lain, sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 115/KMIK.06/2001 tentang Tata Cara Penggunaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka PNBP dari PTN terdiri atas sumbangan pembinaan pendidikan, biaya seleksi ujian masuk PTN, dan hasil kontrak kerja sesuai peran dan fungsi perguruan tinggi.

Hal ini yang kemudian mendorong 41 PTN untuk keluar dari SPMB dan berniat melakukan penerimaan sendiri, yang dikelola secara bersama-sama. Mereka risau, dan dengan tegas menganggap bahwa uang SPMB itu merupakan PNMB. Aksi kolosal pun berjalan, dimana seluruh PT besar di tanah air, sudah dipastikan untuk bergabung bersama UPMT Nasional.

Konon, hanya UI saja PTN eks SKALU yang tidak mau bergabung untuk membentuk UMPT Nasional (bukan UMPTN 1989). Sementara persiapan penerimaan mahasiswa baru 2008 kian mendekat, akhirnya UMPT Nasional dideklarasikan secara luas. Sementara SPMB, juga tetap berniat untuk menggelar model lamanya yang tidak mau menyetor hasil mereka sebagai PNBP.

Akhirnya, setelah DIKTI turun tangan, kedua pihak yang sempat “cerai” itupun sepakat untuk bergabung bersama SNMPTN, yakni Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Yang menarik, kini SNMPTN ditangani oleh para rektor aktif dari masing-masing perguruan tinggi, dan sudah sepakat bahwa dana seleksi itu akan masuk ke kas negara sebagai PNBP. Kemudian, dana dikelola dengan model swakelola, termasuk untuk pelaksanaan seleksi dalam satu kepanitiaan nasional bersama.

Kini, ke-56 PTN-BHMN siap melaksanakan SNMPTN untuk pertamakalinya di tahun 2008, dan senantiasa merujuk pengelolaan dananya pada Peraturan yang tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.Adapun rektor Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga (UNAIR), masing-masing ditunjuk sebagai ketua bidang. Dan untuk masyarakat, tidak akan ada perbedaan yang akan dirasakan dalam menempuh proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Kesemuanya, sama halnya dengan sistematika yang pernah dijalankan oleh SPMB.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Asal Mula Pewarna Rambut

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivg3JzNzrihRP5FYA2rUz8dRSAseSXLBPHwMZOMd85b-YYHkXNyG88aQRMzkBMf8MX33lhdiJVzTk4_Y5QvKTFCxUwbFPCM4aC165CCnpe3KhKxHBOmaAJWI7ZpXKVqZCs2PB_tzTIzS0/s1600/0904_hair_blonde.jpg

Cat rambut diperkenalkan ke dunia pada tahun 1909 oleh Eugène Schueller, yang kemudian mendirikan perusahaan kosmetik L’Oréal.

Para arkeolog menemukan bahwa cat rambut atau pewarna rambut telah digunakan sejak masa Neanderthal, di mana manusia waktu itu menggunakan berbagai sarana untuk mengubah warna rambut dan kulit. Orang-orang Galia Kuno dan Saxon juga mengecat rambut mereka untuk menunjukkan peringkat atau status sosialnya. Sedangkan orang Babilonia menaburkan debu emas untuk mengubah warna rambut mereka.

Pada zaman Mesir Kuno, Yunani dan Romawi, tanaman dan hewan dijadikan bahan untuk mewarnai rambut—biasanya bahan-bahan tersebut ditujukan untuk menggelapkan warna rambut.

Menjelang tahun 1800-an, perak nitrat digunakan sebagai pewarna rambut yang ditujukan untuk menggelapkan, hingga rambut pemakainya berwarna keunguan. Warna ungu itu kemudian mengarah pada penciptaan pewarna rambut sintetis pertama, ketika pada tahun 1800-an ahli kimia menemukan para-fenilendiamin (PPD) dan penggunaannya dalam pembuatan zat warna sintetis.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhs60ytAWDKJ2emftB2Z3DjLT74jfTy8VaOHwwS1PArNVTwJ3z_C4N1ts2cMI7unPZRpBusYNKJvXJCbzzASKYh9_cyJGZOzRhMbcUqS_YgGD4APT4gQgGawhudIDRAs-zqKrjDDDhK8AwX/s1600/EugeneSchuellerLab-540x300.jpg

Pada waktu itu pula, hidrogen peroksida ditemukan, dan dinyatakan sebagai bahan kimia yang lembut dan aman untuk pewarnaan rambut. Kedua penemuan itulah yang lalu membuka jalan bagi Eugène Schueller untuk menciptakan cat rambut komersial pertama yang waktu itu ia namai “Aureole”—yang kelak kemudian berubah nama menjadi “L’Oréal”.

Pada saat ini, L’Oréal Group adalah perusahaan kosmetik dan kecantikan terbesar di dunia. Mempekerjakan 52.000 orang, perusahaan ini bermarkas di Clichy, Prancis, dan menghasilkan berbagai macam produk kosmetik yang tersebar ke seluruh dunia.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Pasta Gigi Dinamakan Odol

http://bimobaroto.files.wordpress.com/2010/10/63463_menyikat_gigi.jpg

Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden Chemical Laboratory Lingner, yang sekarang lebih dikenal sebagai Lingner Werke AG. Inovasi pertama yang mereka ciptakan yaitu cairan pencuci mulut atau yang lazim kita kenal sekarang ini dengan sebutan mouthwash pada 1892. Karl August Lingner adalah sang penemu yang menciptakan Odol mouthwash dan dia adalah orang yang giat mengampanyekan “hidup higienis”. Dia juga dikenal sebagai orang pertama yang mengadakan International Hygiene Exhibition pada 1911. Berdirinya museum The German Hygyene Museum di Dresden pun atas inisiatif Karl.

http://photo.dresden.de/media/bilder/photodd/galerie/336_hygiene02.jpgJika kita menilik sejarah, ternyata Odol bukan yang pertama sebagai merek yang memproduksi massal pasta gigi. Di Amerika Serikat, penggunaan pasta gigi krim seperti yang sekarang kita gunakan baru ditemukan pada abad ke-19. Perusahaan Colgate yang ada di Amerika Serikat adalah perusahaan pertama yang memproduksi pasta gigi bentuk krim, lebih tepatnya oleh seorang William Colgate.

Sejarah pasta gigi dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu lewat peradaban Mesir Kuno. Ketika itu masyarakat Mesir Kuno membuat pasta gigi dengan bahan terbuat dari campuran kuku lembu jantan yang dihancurkan, tepung, batu apung, dan debu dari cangkang telur yang telah dibakar. Saat itu sikat gigi juga belum ditemukan, jadi membersihkan gigi pun dengan menggunakan jari-jari tangan.

Tidak terbayangkan bagaimana rasanya membersihkan gigi dengan ramuan tersebut di masa sekarang. Pastilah merasa jijik. Selain pada masa peradaban Mesir Kuno, ternyata orang-orang Persia pun menciptakan ramuan sejenis untuk membersihkan gigi. Cuma bedanya, mereka menambahkan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan untuk membuat pasta gigi bubuk. Penemuan bangsa Persia ini tercantum dalam naskah kuno, sekitar 1000 tahun lalu.

Sejarah Odol di Indonesia
Merk pasta gigi bernama ’Odol’ yang amat tersohor di zaman dahulu, termasuk di tanah air kita yang kala itu masih di bawah penjajahan Belanda. Pasta gigi dengan wadah berwarna biru muda mampu menggeser pemakaian tumbukan batu-bata dan bubuk buah pinang (areca nut) yang kala itu masih banyak digunakan penduduk kita untuk menggosok gigi.

Seperti layaknya dengan istilah-istilah bahasa Belanda lainnya, masyarakat kesulitan untuk mengucapkan kata tandpasta (tand = gigi) ini. Alhasil, diambillah jalan termudah dengan menyebut nama merknya, yaitu ’odol’.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUF67vPZt3dcsjLqE5-XkGavWYkKJc8ZZ2km2Eb9pcFD6zzXs7yEYBOoD3K-FOBxsKeKO7ILqO0TByxB1oW2rMV2SVpPk_C9VWfgFELOvOtCGbh37Had4WVcfFz6rw_C7XDOpOpDtVBr2q/s1600/odol.jpg

Pada gambar terlihat dua contoh iklan zaman baheula pasta gigi ’Odol’ ini. Iklan yang di sebelah kiri bertuliskan Mooi Tanden yang bermakna ’gigi geligi yang indah’, sedangkan iklan kuno di sebelah kanan bertuliskan zahnpasta yang merupakan kata bahasa Jerman dengan makna yang sama.

Ya, nampaknya ’Odol’ ini diproduksi di Jerman, tetapi berbeda dengan di Indonesia yang sudah lama tidak beredar lagi, di negara asalnya hingga saat ini pasta gigi ’Odol’ ini masih tetap eksis. Bahkan pasta gigi ’Odol’ ini juga dipasarkan di kawasan negara-negara Eropa seperti Ceko, Hungaria, Belanda dan sebagainya.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Perceraian Paling Mahal Di Dunia

http://www.nationaldebtrelief.com/wp-content/uploads/2012/10/Man-woman-child-paper-torn-apart.jpeg

Selain menimbulkan perpecahan keluarga dan rasa malu, perceraian juga menghabiskan banyak biaya. Apalagi bagi pengantin kaya yang memiliki perjanjian pra nikah. Mereka bisa menghabiskan biaya jutaan hingga miliaran dolar.Berikut beberapa perceraian termahal paling terkenal dalam sejarah :

Madonna dan Guy Ritchie berada di urutan ke-15, dengan penyelesaian perceraian mencapai US$ 76-92 juta. Pasangan yang menikah pada 2000 ini, bercerai setelah 8 tahun bersama. Harta total pasangan ini mencapai US$ 525 juta, dengan US$ 35 juta milik Ritchie. Namun, setelah cerai, Madonna menyerahkan jutaan dolar ke mantannya. Sedangkan dua anak angkat mereka membagi waktu antara London dan New York.

Pasangan pada posisi 14, 13 dan 12, menghabiskan US$ 100 juta untuk perceraian mereka. Seperti Sumner dan Phyllis Redstone, yang bercerai setelah 52 tahun menikah. Sementara Phyllis berharap dihargai antara US$ 1,5 dan US$ 2,5 miliar, sebuah sumber yang dekat dengan keluarga melaporkan ia hanya mendapat US$ 100 juta.

Demikian juga Amy Irving yang mendapat US$ 100 juta dari Steven Spielberg atas perceraian pada 1989. Seorang hakim California sebelumnya menolak mengakui perjanjian pranikah pasangan yang tertulis di serbet. Mereka menjalin hubungan 3 tahun hingga 1979, ketika Amy putus dengan Steven dan beralih ke Willie Nelson. Meski sempat menikah pada 1985, perkawinan mereka hanya bertahan 4 tahun.

Tiger Woods dan Elin Nordegren juga membutuhkan US$ 100 juta untuk penyelesaian perceraian mereka. Sejak Woods menabrakkan Cadillac Escalade-nya ke pohon di luar rumah Florida-nya pada 2009, tidak mungkin mengabaikan peristiwa yang mengarah perceraian, setelah pasangan ini menikah 6 tahun.

Tidak jauh berbeda dengan Greg Norman dan Laura Andrassy yang menghabiskan US$ 103 juta untuk perceraian mereka pada 2006, setelah menikah 25 tahun. Pada September 2007, Norman menikahi bintang tenis Christine Evert dan bercerai 18 bulan kemudian dan pada 2010 menikahi desainer interior Kirsten Kutner. Lauran menuding Greg mengurangi pembayaran tunjangannya US$ 66.500, dari US$ 104 juta yang akan ia terima pada 2023.

Di posisi 10 adalah perceraian Neil Diamond dan Marcia Murphey yang membutuhkan penyelesaian US$ 150 juta. Ketika mereka bercerai pada 1994 setelah 25 tahun menikah, properti Neil sebesar US$ 300 juta dibagi separuh dengan Marcia.

Sementara Michael Jordan dan Juanita menempati posisi kesembilan, dengan penyelesaian perceraian sebesar US$ 168 juta. Mereka menikah selama musim kedua dengan Chicago Bulls pada 1989 dalam pernikahan kecil di Las Vegas dan menikmati 17 tahun perkawinan dengan tiga anak. Pada 2002, Juanita mengajukan gugatan cerai, namun pasangan itu mencoba untuk memperbaiknya. Bagaimanapun, pada 2006, Jordan memutuskan berpisah selamanya. Pascacerai dan meninggalkan ruang sidang, mereka pergi bersama-sama untuk menonton anak mereka dalam permainan basket.

Tidak berbeda dengan pasangan Michael dan Maya Polsky yang memutuskan berpisah pada 2007, setelah menikah selama 31 tahun. Penyelesaian perceraian mencapai US$184 juta. Pasangan itu menikah di Ukraina pada 1975 dan datang ke AS setahun kemudian hanya dengan US$ 500. Maya berargumen di pengadilan bahwa ia orang kepercayaan suaminya, dan bertanggung jawab untuk banyak keberhasilannya. Untuk ini ia dianugerahi setengah dari kekayaannya.

Di posisi ketujuh perceraian termahal, ada Roman Abramovich dan Irina, dengan penyelesaian mencapai US$ 300 juta. Roman menikahi Irina pada 1991, beberapa bulan sebelum dikirim ke penjara karena mengarahkan kereta berisi solar senilai US$ 3,8 juta dari stasiun Moskow ke depot militer Kalingrad dengan dokumen palsu.

Pasangan yang menikah selama 16 tahun ini, mengingkat janji di Rusia, sebelum Roman mengamankan mayoritas kekayaannya. Mereka bercerai pascaspekulasi Roman berkencan dengan model 24 tahun, Daria Zhukova, yang kemudian menjadi anak keenam Roman pada 2009.

Posisi keenam ditempati Robert L. Johnson dan Sheila, dengan penyelesaian US$ 400 juta. Selama 33 tahun menikah, mereka membangun Ebony Magazine dan BET, yang dibeli dari uang pribadi US$ 15 ribu dan US$ 500 ribu pinjaman. BET kemudian dijual ke Comcast sebesar US$ 3 miliar. Pascacerai, Shelia Johnson menikah dengan William T. Newman, Hakim Ketua yang memimpin sidang perceraiannya.

Sementara di posisi kelima ada Craig McCaw dan Wendy, dengan penyelesaian US$ 460 juta. Berpisah pada 1998. Craig memberikan bagian Wendy US$ 12 miliar kekayaannya dari penjualan McCaw Cellular ke AT & T yang menyebabkan Wendy masuk daftar Orang Terkaya Amerika Terkaya versi Forbes.

Stephen Wynn dan Elaine berada di urutan keempat dengan biaya perceraian US$ 740 juta. Pasangan kampus yang menikah pada 1963, bercerai dua puluh tahun kemudian pada 1986, dan menikah lagi lima tahun kemudian. Mereka tidak bermaksud untuk berpisah lagi pada 2009.

Di urutan ketiga ada Adnan Khashoggi dan Soraya, dengan biaya perceraian US$ 874 juta. Menikah pada 1961, ketika Soraya baru saja berusia 15 tahun, mereka bercerai pada 1974, setelah memiliki lima anak.Bertahun-tahun kemudian, anak mereka Petrina Khashoggi mendapat tes DNA yang menunjukkan ayah sesungguhnya adalah Jonathan Aitken, selingkuhan Soraya.

Sementara Bernie Eccelstone dan Slavica menghabiskan biaya US$ 1- 1,2 miliar pada perceraian 2008, setelah 24 tahun menikah dan memiliki dua anak perempuan. Mantan model Armani ini memiliki tinggi badan enam kaki sedangkan Bernie hanya 5,4 kaki.

Pasangan Rupert Murdoch dan Anna mencatatkan perceraian termahal, dengan penyelesaian US$ 1,7 miliar. Setelah 32 tahun menikah, mereka bercerai pada 1999. Dari 1,7 miliar aset Rupert, US$ 110 juta diberikan tunai kepada Anna. Setelah cerai, Rupert menikah 17 hari kemudian dengan Wendi Deng, 30 tahun, selingkuhannya.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Stadion Wembley Di Liga Champions

http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/01/19/188744_stadion-wembley-di-kota-london--inggris_663_382.jpg

Wembley pernah menghelat beberapa final Liga Champions sebelum ini. Manchester United dan Barcelona pernah menjadi juara ketika berlaga di sana.

Wembley menjadi satu-satunya stadion di Eropa yang pernah menghelat lima final Liga Champions (dulu Piala Champions, red). Dari lima kesempatan itu, sudah dua kali wakil Inggris tampil, yakni United dan Liverpool, dan keduanya berhasil keluar sebagai juara.

Berikut adalah final-final di Wembley sebelumnya: 

22 Mei 1963, AC Milan vs Benfica: 2- 1
Milan menjadi klub Italia pertama yang berhasil memenangi kejuaraan tertinggi antarklub Eropa ini. Mereka juga menggagalkan usaha Benfica untuk menjadi juara untuk ketiga kalinya secara berurutan.

Benfica sudah unggul lebih dulu ketika pertandingan baru berjalan 18 menit. Tapi, dua gol Jose Altafini di menit 58 dan 66 membuat Milan keluar sebagai juara. 29 Mei 1968, Manchester United vs Benfica: 4-1

Final ini terjadi 10 tahun setelah United mengalami tragedi kecelakaan pesawat di Munich. Sir Matt Busby berhasil membangun ulang skuad ‘Setan Merah’ dan akhirnya membawa mereka menjuarai Piala Champions untuk pertama kalinya.

Bobby Charlton, yang selamat dari kecelakaan pesawaat tersebut, mencetak dua gol. Sementara dua gol lainnya disumbangkan George Best dan Brian Kidd. Benfica hanya bisa membalas lewat gol Graca.

2 Juni 1971, Ajax Amsterdam vs Panathinaikos: 2-0
Ini adalah awal dari kejayaan Ajax. Setelah final yang berlangsung pada 1971 ini, Ajax melanjutkan prestasinya dengan meemnangi dua final di dua musim berikutnya. Menjadikan mereka meraih hat-trick gelar Eropa.

Dengan dimanajeri oleh Rinus Michels, De Amsterdammers sukses membekuk Panathinaikos dua gol tanpa balas lewat gol-gol Dick van Dijk dan Arie Haan.

10 Mei 1978, Liverpool vs Club Brugge: 1-0
Manajer Liverpool saat ini, Kenny Dalglish, pasti tak akan pernah melupakan pertandingan ini. Sebab, dialah yang menjadi pahlawan The Reds berkat gol tunggalnya di menit 65.

Ini merupakan gelar kedua Liverpool setelah semusim sebelumnya mereka menjadi juara dengan menundukkan Borussia Moenchengladbach 3-1.

20 Mei 1992, Barcelona vs Sampdoria: 1-0
Barca yang dilatih oleh orang Belanda, Johan Cruyff, tampil sebagai pemenang lewat gol tunggal orang Belanda juga, Ronald Koeman. Gol sang bek hadir di menit 111 lewat sebuah tendangan bebas.

Turut serta di dalam skuad Barca ketika itu adalah pelatih mereka saat ini, Josep Guardiola. Ketika itu, Pep baru berusia 21 tahun dan tampil selama 113 menit.

Dari catatan di atas, kemenangan United atas Benfica menjadikan rekor kemenangan terbesar pada laga final di Wembley.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Pemakaian Kancing Baju

 http://www.oktomagazine.com/images/c_23bfa3047e05ee0de46a36680b853cb8.jpgSebenarnya, tidak ada orang yang dapat memastikan, siapa yang pertama kali menggunakan kancing baju. Kapan digunakan? dan di daerah mana yang menggunakannya. Tampaknya pemakaian kancing baju sudah dimulai sejak dahulu kala, sejak awal sejarah. sebagian ahli mengatakan mungkin bahkan 30.000 atau 40.000 tahun lalu! Namun di beberapa belahan dunia, kancing baju tidak digunakan sama sekali. Bagaimana pun, ada banyak cara untuk mengancingkan baju tanpa kancing baju, contohnya : dengan peniti, gesper, tali, sabuk, lipatan, maupun dengan cara diikat
 
Pada abad 14 kancing baju menjadi populer di Eropa dan sejak itu kancing baju tidak pernah melepaskan diri dari fashion. Kancing baju dibuat dari beraneka bahan. Logam yang dipakai untuk kancing baju termasuk emas, perak, baja, tembaga, timah, nikel, brass, campuran timah putih dan timah hitam, dan perunggu. Produk-produk binatang juga digunakan untuk membuat kancing baju dan ini termasuk tulang, tanduk, kuku, rambut,, kulit, gading, dan kerang. Daftar ini masih bisa ditambah lagi tanpa batas, sebagian dibuat dari kaca, kertas, dan porselin. Sekarang, kancing baju banyak dibuat dari bahan plastik yang beraneka warna dan bentuk. Ada yang berbentuk lingkaran biasa, bunga, dll. Kancing baju juga tersedia beberapa ukuran, dari besar, sedang, kecil, dan sangat kecil.

Bookmark Blog Ini!

Sejarah Dibalik Terciptanya Dapur

http://img.timeinc.net/time/photoessays/2009/wh_kitchen/wh_kitchen_01.jpg

Dapur ternyata menyimpan sejuta cerita. Tak hanya sebagai tempat memasak makanan, di masa lalu, dapur juga menjadi salah satu simbol keagamaan. Setidaknya, pemahaman yang mengaitkan dapur dengan mitos religius ini berkembang di abad ke-5 saat bangunan dapur mulai dikenal masyarakat.

Dapur masyarakat Romawi kuno dikenal paling lengkap. Di masa itu, dapur sudah dilengkapi dengan peralatan masak-memasak, tempat cuci gerabah, juga kaki tiga penyangga wadah. Di Abad Pertengahan, dapur juga menjadi ruangan penting dalam sebuah rumah. Di sinilah setiap hari berlangsung aktivitas mensuplai makanan seluruh anggota keluarga.
Tampilan Dapur Modern

Sedangkan dapur modern di Eropa mulai dikenal pada abad ke-19. Saat itu memang terjadi revolusi kuliner yang mendorong dapur ditata lebih mewah. Saat itu, tampilan tata letak dapur, lebih mirip dengan laboratorium di pusat-pusat studi. Dekorasi indah peninggalan zaman renaissance ikut menjadikan dapur Eropa di abad ke-19 tampil lebih mewah.

Kini, setelah listrik ditemukan, dapur kembali mengalami perubahan pesat. Dari semula hanya dilengkapi perabotan yang dioperasikan secara manusal, dapur saat ini penuh dengan peralatan canggih berbasis listrik. Tak hanya itu, dapur yang mulanya ditempatkan di bagian belakang bangunan rumah, saat ini mulai banyak dapur yang posisinya gandeng dengan ruang tengah.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Asal Mula Buku Telepon (Yellow Pages)

http://www.adwiseonline.com/phone_bookopen.jpgBuku telepon pertama terbit tanggal 21 Februari 1878 di New Heaven, Connecticut, Amerika Serikat (AS). Buku telepon pertama ini hanya berisi direktori 50 pelanggan telepon.

Barulah di akhir tahun tersebut, buku telepon tidak lagi terbit dalam selembar kertas. Tidak dijelaskan jumlah persisnya, tapi saat itu buku telepon sudah mulai dilengkapi dengan beberapa halaman iklan. Dari sinilah asal mula Yellow Pages mulai muncul. Di tahun ini pula, San Francisco juga memiliki buku telepon untuk para pelanggan di wilayah tersebut.

Seiring dengan terus bertambah luasnya jaringan telepon, buku telepon pun ikut merambah wilayah yang lain. Reuben H Donnelley pada tahun 1886 menerbitkan buku telepon yang halaman promosinya diberi warna berbeda, yakni warna kuning di Chicago. Buku telepon inilah yang untuk pertama kalinya disebut sebagai Yellow Pages.

Di tahun 1906, Donnelley terus mengembangkan buku telepon dengan halaman promosi yang terklasifikasi dengan baik. Sukses di Chicago, Donnelley mencoba peruntungan di wilayah lain. Pada tahun itu dia menerbitkan buku telepon di bawah bendera Michigan State Telepon Co untuk para pelanggan telepon di Detroit.

http://lib.store.yahoo.net/lib/scripophily/michiganbelltelecovig.jpg

Tidak hanya di Amerika, perkembangan buku telepon juga terjadi Inggris. Negara ini untuk pertama kalinya membuat buku telepon pada 15 Januari 1880. Buku ini berisi nomor telepon 250 pelanggan di wilayah London. Barulah pada tahun 1896, buku telepon di Inggris berubah menjadi sangat tebal, yakni 1350 halaman dan berisi daftar nomor telepon milik 81 ribu pelanggan.

Saat terjadi peperangan, buku telepon sempat tidak terbit karena terbatasnya persediaan kertas. Tapi begitu perang berakhir, buku telepon kembali hadir ke tangan pelanggan. Bahkan, saat ini pengadaan buku telepon menjadi bisnis tersendiri yang membawa keuntungan besar.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Kapal Hantu Flying Dutchman Dan Kaptennya Davy Jones

http://www.animationconnection.com/inc/image.php?file=/images/graphics/potcgp5l.jpg&w=400Menurut cerita rakyat, The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi “tujuh lautan” selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan, kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup. Banyak versi dari cerita ini. Menurut beberapa sumber, Legenda ini berasal dari Belanda, sementara itu yang lain meng-claim bahwa itu berasal dari sandiwara Inggris The Flying Dutchman (1826) oleh Edward Fitzball dan novel “The Phantom Ship” (1837) oleh Frederick Marryat, kemudian di adaptasi ke cerita Belanda “Het Vliegend Schip” (The Flying Ship) oleh pastor Belanda A.H.C. Römer. Versi lainnya termasuk opera oleh Richard Wagner (1841) dan “The Flying Dutchman on Tappan Sea” oleh Washington Irving (1855).

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten “Ramhout Van Dam” atau “Van der Decken”) mengarungi lautan dari Holland ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa. Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi. Namun ditengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk, sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan . 

Tetapi sang kapten tidak mau, lalu dia berkata “aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku, atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya” Tiba -tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam. Dan terkutuklah selama-lamanya Sang Kapten bersama para anak kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya. Konon, Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman. lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia.

Mitos akhir-akhir ini juga mengisahkan apabila suatu kapal modern melihat kapal hantu ini dan awak kapal modern memberi signal, maka kapal modern itu akan tenggelam / celaka. Bagi seorang pelaut, pertemuan yang tak diduga dengan kapal hantu The Flying Dutchman akan mendatangkan bahaya bagi mereka dan konon, ada suatu cara untuk mengelak dari kemungkinan berpapasan dengan kapal hantu tersebut, yakni dengan memasangkan tapal kuda di tiang layar kapal mereka sebagai perlindungan. Selama berabad – abad, legenda The Flying Dutchman menjadi sumber inspirasi para sastrawan dan novelis. Sejak tahun 1826 Edward Fitzball telah menulis novel The Pantom Ship (1837) yang diangkat dari pengalaman bertemu dengan kapal seram ini. Banyak pujangga terkenal seperti Washington Irving dan Sir Walter Scott juga tertarik mengangkat legenda ini.

Istilah Flying Dutchman juga dipakai untuk julukan beberapa atlet sepakbola, terutama para pemain ternama asal Belanda. Ironisnya, bintang veteran negeri Orange, Dennis Bergkamp justru dikenal sebagai orang yang phobia atau takut untuk terbang, sehingga ia dijuluki The Non-Flying Dutchman. Beberapa Laporan Penampakan The Flysing Dutchman yang sempat didokumentasikan :

http://www.97pix.com/musicwithease/opera-pictures-02/flying-dutchman/flying-dutchman-1st-perf-dresden-1843.jpg

1823 : Kapten Oweb , HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat sebuah kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan , namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.

1835 : Dikisahkan pada tahun itu , sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai Kapal Hantu The Flying Dutchman , kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka , namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika

1881 : Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuat kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya , salah seorang daripada mereka ditemui mati dalam keadaan yang mengerikan.

1879 : Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.

1939 : kapal ini terlihat di Mulkzenberg , beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang

1941 : Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yang menabrak batu karang dan terpecah belah , namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP , tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut.

1942 : Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang.Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.

1942 : Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942

1959 : Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporakan melihat sebuah kapal misterius yang terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.

Davy Jones (The Captain Of Flying Dutchman)
http://lh5.ggpht.com/boNSxH927GRQiBUINV7R2nUqc6qOKeUX6xx1ZALGzmG3S1k0HcTKvYmFjCgGuEpNP6F9EPrRqlZcHvCon1ZO04lufLcDavy Jones pertama kali tercatat pada tahun 1726 . Menurut kepercayaan para pelaut zaman dahulu, Ia merupakan seorang pelaut (bajak laut) yang mati tenggelam bersama kapalnya kedalam dasar lautan tetapi rohnya dipercaya tetap hidup dan menjadi simbol roh dilautan. Tidak ada seorang pun yang tau siapa Davy Jones itu, bahkan ada yang menghubung-hubungkannya dengan legenda “Kapal Flying Dutchman” dimana Davy Jones dipercaya sebagai kapten dari kapal hantu tersebut atau juga fenomena dihubungkan dengan fenomena yang sering terjadi di “segitga Bermuda”. tetapi melalui legenda dan dongeng para pelaut, dia disimbolkan sebagai roh dasar laut.

Pada 1751 namanya disebutkan dalam Bab 15 dalam buku Tobias George Smollett yang berjudul The Adventures of Peregrin Pickle: 

” Demi Tuhan! Jack, Anda mungkin berkata apa yang Anda mau, tetapi aku akan terkutuk kalau itu bukan Davy Jones sendiri. Aku mengenalnya lewat mata cawannya,tiga baris giginya, tanduk dan ekornya, dan asap biru yang keluar dari lubang hidungnya. Apa yang dia mau dariku? aku yakin aku tidak pernah melakukan pembunuhan, kecuali di jalan profesiku, dan aku juga tidak pernah menganiaya siapapun sejak pertama kali aku pergi ke laut. “

Dia digambarkan sebagai sosok yang sombong dan suka meneror, “pemimpin para roh jahat dari dasar laut, dan sering terlihat dalam berbagai bentuk, berdiri di antara tali-temali kapal pada saat menjelang badai, bangkai kapal dan bencana lainnya. “

http://pirottablog.files.wordpress.com/2012/08/pirates-en.pngPada tahun 1803 para pelaut menggunakan istilah “Davy Jones’s locker” sebagai bahasa slang atau istilah untuk yang pertama kali. Davy Jones’s Locker atau loker davy jones dalam bahasa Indonesia adalah sebutan untuk kuburan atau tempat peristirahatan terakhir bagi semua orang yang tewas tenggelam di laut.

“… pelaut akan bertemu kuburan bawah air, atau untuk menggunakan istilah pelaut, pergi ke Davy Jones’s locker.”

Seperti kebanyakan kisah-kisah legenda laut yang abadi, banyak terdapat teori mengenai Davy Jones. Ada yang bilang dia adalah seorang pelaut atau bajak laut yang meninggal di laut, sementara yang lain menyatakan bahwa Davy Jones adalah nama seorang pemilik bar dalam cerita balada ‘Jones Ale is Newe,’ dan loker mengerikan yang dia punya mungkin merupakan tempat di mana dia menyimpan stok minumannya.

Pemilik bar di London ini pada abad ke16,dikatakan menjalankan sebuah bar di mana para pelaut yang minum ditempatnya akan dibius dan dimasukkan ke dalam sebuah loker, dan pada saat mereka terbangun,mereka akan menemukan diri mereka telah berada disebuah kapal di laut dan menemukan bahwa mereka telah dipaksa masuk ke dalam Angkatan Laut oleh “Press Geng”(suatu unit khusus di bawah komando seorang perwira berwenang yang tugasnya memaksa orang-orang untuk masuk ke dalam dinas militer).

Beberapa ahli mengatakan bahwa Davy mungkin merupakan bentuk lain dari penyimpangan “duppy”,(roh atau hantu dalam kepercayaan orang afrika dan Indian), dan juga mengatakan bahwa tanda D dan V dalam kata Davy merupakan simbol dari setan.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Tokoh Pahlawan Zorro


http://images.moviepostershop.com/zorro-movie-poster-1957-1020460760.jpg

Tokoh pahlawan Zorro muncul mulai tahun 1919 dengan judul The Curse of Capistrano yang terbit di sebuah majalah murah (pulp magazine) berjudul All-Story Weekly. Karakter ini diciptakan pertama kali oleh Johnston McCulley. Dalam kisahnya, Zorro adalah identitas rahasia seorang bangsawan di Spanyol yang bernama Don Diego de la Vega. Tokoh ini muncul akibat ketidakadilan penguasa terhadap rakyat. Tokoh Zorro diangkat ke layar lebar pada tahun 1920, dibintangi oleh Douglas Firebanks.
Siapakah Zorro sebenarnya?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5WukR8q74HmYnil_9vzSGxBfyhJ8AlN8vyGts_7BdDqbCKRmbSLfWDr74A0aboaQ7jaUP6ojlOt1ZyAYPmJ2vyidxxS0f72rwPftyoLNpv0Zw3Hpna14sUqL6op4ze_JSMxBOBX7RDjUF/s1600/Mark+of+Zorro.Power.jpg
Ia merupakan tokoh fiksi dari cerita serial bikinan Johnston McCully, yang dimuat majalah All-Story Weekly pada tahun 1919. Yang kemudian dibuat novelnya dengan judul The Mark of Zorro. Konon, cerita Zorro ini diinspirasi oleh novel roman karya Baroness Orczy yang berjudul "The Scarlet Pimpernel" tahun 1905.

Sejarah Zorro menurut Novel karangan Isabel Allende; Zorro lahir pada tahun 1790 di Upper California. Ayahnya adalah Captain Don Alejandro de la Vega dan ibunya seorang Indian bernama Toypurnia. Diego Junior (Zorro) dikirim ayahnya ke Spanyol (Barcelona) untuk bersekolah di sana, sebelum Prancis menjajah Spanyol.

Pada masa penjajahan pada tahun 1810, Diego jatuh cinta dan juga menjadi pejuang melawan penjajahan Prancis. Semasa ini, dia menimba banyak keahlian bertempur dan akrobat. Ia belajar main pedang dengan master pedang Spanyol senor Manuel Escalante. Setelah Prancis dikalahkan, Diego kembali ke California, dan melanjutkan perjuangan melawan sang tirani Don Rafael Moncada, musuh bebuyutannya.

Supaya identitasnya tidak diketahui musuh-musuhnya, Diego menyamar dengan cara memakai topeng. Dalam perjuangannya, Diego dibantu oleh pembantu bisunya, Bernardo, dan tentu saja sang kuda, Tornado. Kisah Zorro ini sendiri sudah difilmkan dengan judul yang sama dari generasi ke generasi. Termasuk dalam versi film kartun.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Kopi Bubuk Instan

http://www.nescafe.com.my/upload/__soluble_coffee_squareround_391.pngKopi instan (atau soluble/dapat larut) telah digunakan berdekade-dekade oleh karena kemudahannya. Pada saat tingginya ketenaran kopi instan di tahun 1970-an, hampir sepertiga kopi roasting yang diimpor ke Amerika Serikat telah diubah menjadi produk instan, menghasilkan penjualan tahunan lebih dari 200 juta poundsterling. Dewasa ini, sekitar 15% dari kopi yang dikonsumsi di Amerika Serikat diseduh dengan jalan mencampur butir granula kopi instan dengan air panas; baik di rumah, di kantor, atau pedagang kaki lima.

Bahkan, pengembangan produk yang menghasilkan kopi instan dengan kualitas yang baik telah membantu popularitasnya pada komunitas yang terbiasa mengkonsumsi teh.

Sejak ditemukan, para peneliti sudah mencoba meng-upgrade kopi instan dengan beragam cara. Sebagai contoh, sebagian dari versi awal kopi instan tidak larut dengan mudah di dalam air, menyisakan gumpalan bubuk yang mengapung di permukaan cangkir. Bau harum kopi awalnya juga memudar dengan mudah; dan pabrik-pabrik pengolahan sekarang sudah mengembangkan proses yang dapat membuat secangkir kopi instan beraroma layaknya kopi bubuk yang baru dibuka. Proses produksi yang lebih modern juga membuat bulir kopi instan terlihat seperti kopi bubuk. Akhirnya, tujuan yang utama adalah menghasilkan produk kopi instan yang rasanya semirip mungkin dengan kopi bubuk yang diseduh secara tradisional.

Keuntungan utama dari kopi instan adalah karena kopi instan memungkinkan konsumen untuk membuat kopi tanpa peralatan lain selain cangkir dan pengaduk, secepat memanaskan air. Peneliti pemasaran juga menemukan bahwa konsumen lebih senang membuat kopi tanpa harus menyisakan ampas. Beberapa pelanggan yang sudah terbiasa mengkonsumsi kopi instan, sebagaimana yang ditemukan melalui penelitian taste test oleh sebuah pabrikan kopi, bahkan tidak mengenal rasa dari kopi yang diseduh secara tradisional.

Sejarah
Keinginan untuk membuat kopi instan dengan hanya mencampur konsentrat kopi baik cair atau kering dengan air panas sudah terjadi selama ratusan tahun. Versi paling awal kopi instan yang didokumentasikan dikembangkan di Inggris pada tahun 1771. Produk pertama Amerika dikembangkan pada tahun 1853, dan sebuah versi percobaan (dalam wujud gumpalan) diujicobakan selama Perang Sipil Amerika. 

http://www.theamericanmag.com/uploaded_images/article_2215_68cgVTzftC.jpgPada tahun 1901, teknik pertama yang sukses untuk memproduksi produk instan yang dapat larut dengan stabil diciptakan di Jepang oleh Sartori Kato, menggunakan proses yang telah dikembangkannya untuk membuat teh instan. Lima tahun kemudian, George Constant Washington, seorang ahli kimia Inggris yang tinggal di Guatemala, mengembangkan proses yang pertamakali sukses secara komersial untuk membuat kopi instan.

Penemuan Washington, yang dijual dengan merek "Red E Coffee," menguasai pasar kopi instan di Amerika Serikat selama 30 tahun, dimulai sekitar tahun 1910. Pada tahun 1930-an, industri kopi Brazil mendorong riset kopi instan sebagai cara untuk mengawetkan kelebihan produksi mereka. Nestlé, perusahaan yang bergerak di bidang ini mulai memproduksi Nescafé pada tahun 1938. Kopi instan sangat populer diantara prajurit Amerika selama Perang Dunia II; selama satu tahun, seluruh produksi pabrik Nescafé Amerika Serikat diproduksi semata-mata untuk militer.

Masa Depan
Sejak diperkenalkan oleh General Foods International Coffees pada tahun 1970-an, kopi instan telah tersedia di dalam berbagai varian rasa. Inovasi-inovasi terbaru termasuk kopi mix instan untuk latte dan mocha. Maxwell House bahkan melakukan tes pemasaran untuk produk ice coffee dengan rasa vanilla, mocha, dan original coffee.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Botol Plastik

http://angga.staff.ipb.ac.id/files/2013/01/kemasan-Plastik.jpg 

Plastik diciptakan pada abad ke-19 dan awalnya digunakan untuk menggantikan bahan umum, seperti gading, karet dan lak. Lalu, pada abad ke-21, penemuan ini telah menjadi sebuah penyakit yang menyebar ke sejumlah besar komoditas. Tahun 1983, Normal Mailer berkata di Harvard Magazine:

 "Kadang-kadang saya berpikir bahwa ada kekuatan yang menyamai kanker. Itu adalah plastik. Plastik menginfiltrasi segalanya. Plastik adalah metastasis. Ia merasuki setiap pori kehidupan produktif ..."

Alexander Parkes menemukan plastik pertama kali pada 1862 yang bahannya berasal dari selulosa bernama Parkesine. Temuan Parkes kemudian dipamerkan di Great International Exhibition, London. Ia mengklaim bahwa bahan tersebut lebih fleksibel dan lebih murah dibandingkan karet. Meskipun Parkesine bisa dimanipulasi dalam berbagai bentuk, investor kehilangan minat sejak bahan baku untuk memproduksi plastik begitu mahal. 

http://patriciahysell.files.wordpress.com/2010/10/john-wesley-hyatt.jpgKemudian, pada abad ke-19, John Wesley Hyatt mengembangkan seluloid dari campuran kertas tisu, asam nitrat dan asam sulfat sehingga terciptalah termoplastik pertama yang masih digunakan sampai sekarang untuk film fotografi.  Periode berikutnya, resin mulai digunakan pada tahun 1907 ketika ahli kimia New York, Leo Baekeland, membuat Bakelight. Pihak militer menemukan bahan tersebut yang dapat membantu dalam pembuatan senjata. Juga digunakan untuk membuat isolator listrik, radio, cangkir, tombol, permen karet dan gagang perak. Beberapa plastik yang popular, seperti rayon dan kertas kaca [cellophane] mendapatkan tempat di abad 20. Rayon adalah modifikasi selulosa yang dikembangkan oleh Louis Marie Hilaire Bernigaut pada tahun 1891. Kurang dari 10 tahun setelah penciptaan rayon, Dr. Jacques Edwin Brandenberger ditemukan kertas kaca. 

Pada tahun 1940-an, nilon, akrilik, neoprene, SBR dan polietilen berkembang semakin luas. Semua penemuan di atas memberi jalan bagi kemunculan berbagai jenis plastik, termasuk polyvinyl chloride (PVC) atau vinil, klorida polyvinylidence (SaranTM), Teflon, polyethylene terephthalate (PET), high-density polyethylene (HDPE), low-density polyethylene ( LDPE), polypropylene (PP) dan polistirena (PS). PVC ditemukan dalam botol minyak sayur dan pembungkus makanan; PET sering digunakan dalam wadah minuman dan makanan; HDPE digunakan dalam pembuatan botol susu dan deterjen; LDPE membantu untuk membuat kantong plastik dan shrink wrap; PP ditemukan dalam wadah margarin dan yogurt; dan PS digunakan untuk membuat karton telur dan peralatan sekali pakai. Walaupun botol air soda pertama di Amerika diciptakan pada 1835, botol plastik untuk minuman ringan tidak digunakan sampai tahun 1970 dan botol PET pertama digunakan tiga tahun kemudian. 

http://cdn5.business-opportunities.biz/wp-content/uploads/2012/04/cocacola.jpg

Pada 1977, botol PET memiliki berat 60 gram yang kemudian segera dikurangi sampai 48 gram. Sementara Coca-Cola mulai menggunkan plastik daur ulang menjadi botol plastik minuman pada tahun 1990. Pada tanggal 27 Juli 2010, kapal pertama yang terbuat dari botol plastik daur ulang yang disebut Plastiki dibangun dan David de Rothschild memimpin krunya dalam sebuah misi laut sepanjang 12.000 mil
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Pendiri Perusahaan Pesawat Boeing

http://images.dailytech.com/nimage/boeing787.jpg

William Edward Boeing lahir di kota Detroit, Amerika Serikat tanggal 1 Oktober 1881. Dia adalah pendiri perusahaan pesawat Boeing. Ketika masih kecil Boeing sangat menyukai permainan layang-layang. Boeing pernah kuliah di Yale University, akan tetapi tidak diselesaikan karena kekurangan biaya. 

http://www.allstar.fiu.edu/aero/images/boeing.gifAkhirnya Boeing dan ayahnya pindah ke Grays Harbour untuk menjadi penebang kayu di hutan. Selama lima tahun Boeing tidak pernah mengikuti informasi, bahkan ketika Wright bersaudara menemukan pesawat terbang Boeing juga tidak tahu. Setelah itu Boeing pindah ke Seattle sambil menjadi pengusaha kayu. Di sinilah impiannya untuk membuat pesawat terbang mulai terbuka. Akan tetapi impiannya selalu kandas karena ditentang oleh ayahnya.

Sampai usia 30 tahun Boeing tidak memiliki sedikitpun pengetahuan tentang pesawat terbang, tetapi dia telah menjadi pengusaha kayu yang sukses. Akhirnya Boeing mengikuti kursus aeronautika di Seattle University Club. Di sinilah dia berkenalan George Conrad Westervelt seorang insinyur angkatan laut Amerika yang ahli pesawat terbang.

Akhirnya mereka berdua mencoba membuat pesawat terbang di perusahaan kayu Boeing. Pada pembuatan pesawat terbang ini mereka mengalami beberapa kali kegagalan karena pesawatnya tidak bisa terbang. Hal ini yang membuat Boeing menangis sedih. Kesedihan bertambah ketika Westervelt dipanggil oleh angkatan laut untuk mengurusi penerbangan di daerah timur.

 http://www.lufthansagroup.com/fileadmin/downloads/en/newslink/newslink_2008_03sp16/sp16_012p.jpg

Akhirnya Boeing memperbaiki pesawat bersama karyawannya, sesuai rancangan Westervelt. Pada tanggal 16 Juni 1916 untuk pertama kalinya pesawat Boeing bisa terbang. Setelah itu Boeing mendirikan Pacific Aero Product Company. Boeing merekrut beberapa orang insinyur yang ahli dalam pesawat terbang. Setelah berhasil membuat 2 pesawat akhirnya Boeing mencoba menjual pesawatnya. Di sini Boeing menemui kegagalan karena orang belum percaya dengan kemampuan pesawat terbang.

Akhirnya Boeing berhasil menjual kepada Angkatan Laut Amerika. Di sinilanh angkatan Laut memesan 50 buah pesawat terbang. Berita ini merupakan berita baik sekaligus berita buruk. Berita baik karena pesawatnya laku, tetapi ini juga merupakan berita buruk karena Boeing tidak punya modal. Selanjutnya Boeing memperoleh pinjaman dengan menjaminkan seluruh harta bendanya. Ketika pesanan mulai jadi dan dikirimkan ke angkatan laut Boeing juga memberikan rancangan pesawat terbarunya (Model HS 21), ketika itu karyawan Boeing sudah 317 orang.

Lagi-lagi berita buruk datang karena perang dunia I berakhir sehingga pihak militer membatalkan pesanan pesawatnya. Ini merupakan pukulan yang sangat keras bagi Boeing, sehingga perusahaan pesawatnya berubah menjadi perusahaan kayu lagi. Setelah keuangan mulai membaik Boeing mulai berusaha untuk tidak tergantung pada militer. Pada tanggal 3 Maret 1919 akhirnya Boeing mendirikan perusahaan Pos Udara, dan pada & Januari 1920 untuk pertama kalinya pesawat B-1 dijual ke Kanada.


http://www.aerodacious.com/Pix/pixcam05.JPG

Pada 30 Juni 1927 berdirilah Boeing Air Transport yang merupakan perusahaan angkutan penumpang udara. Pada saat ini perusahaan pesawatnya telah menjadi perusahaan pesawat terbesar di seluruh negeri. Perusahaan Boeing terus berkembang, walaupun cobaan demi cobaan terus terjadi. Salah satunya sehabis perang Dunia II. Akan tetapi dengan kesungguahan William Edward Boeing dan anak buahnya. Pada 28 September 1956 pengusaha kayu yang telah berubah menjadi pengusaha pesawat terbang ini meninggal. Akan tetapi hasil kerja kerasnya sampai sekarang masih bisa kita nikmati.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Black Box, Kotak Hitam Perekam

http://img.timeinc.net/time/daily/2009/0907/flight_recorder_0701.jpgPada tahun 1953, David Warren seorang Ilmuwan Aeronautical Research Laboratory (ARL) di Australia, menggagas pembuatan sebuah alat perekam percakapan antara pilot dengan kru selama penerbangan. Hal ini terinspirasi saat sebuah pesawat jet jatuh di India dan tidak dapat diketahui penyebabnya.

Tahun 1957, David Warren merampungkan prototip alat tersebut yang diberi nama ARL Flight Memory. Alat ini mampu merekam data percakapan antara pilot dengan kru selama 4 jam. Namun sayangnya, pihak Australia tidak berminat utk mengembangkan alat tersebut. Sehingga pada tahun 1958 Sekretaris United Kingdom Air Registration Board merasa tertarik pada prototip mesin yg diciptakan oleh David Warren.

Warren beserta tim diminta oleh pihak Inggris membawa alat tersebut utk dikembangkan di Inggris. Alat tersebut disempurnakan dengan pembungkus kotak yang diberi nama CSMU (Crash Survivable Memory Unit). Kotak tersebut dari lempeng aluminium tipis, silika dan baja tahan karat sehingga mampu bertahan dalam berbagai keadaan ekstrim.

Alat tersebut akhirnya laku terjual ke banyak negara utk perlengkapan pesawat terbang, sehingga pada tahun 1960 negara Australia merupakan negara pertama yang menerapkan bahwa semua pesawat terbang harus memiliki Black Box.

Black Box terdiri dari dua bagian penting  :

http://www.ntsb.gov/news/2005/050204_dca05ma031.jpg

FDR (Flight Data Recorder) berisi parameter yg berhubungan dengan semua teknis penerbangan yang dipantau melalui beberapa sensor utk mengetahui parameter berikut diantaranya :

Acceleration
Airspeed
Altitude
Flap Settings
Outside Air Temperature
Cabin Temperature and Pressure
Engine Performance

CVR/VDR (Cockpit Voicer Recorder/Voice Data Recorder) berisi tentang semua rekaman suara antara pilot, co pilot dan semua kru penerbangan serta suara mesin, suara lainnya yg berada di dalam cockpit.

Dalam perkembangannya. FDR dan CVR tidak lagi menggunakan magnetic tape sebagai media penyimpanan informasinya melainkan dengan menggunakan Microchip Solid State. Hal ini dikarenakan beberapa keunggulan dibandingkan dengan magnetic tape diantaranya :

Solid state mampu merekam data FDR sekitar 700 parameter, sedangkan magnetic tape hanya sekitar 100 parameter.
 Solid state mampu merekam data CVR selama 2 jam/siklus, sedangkan magnetic tape hanya mampu 30 menit/siklus.

Cara kerja Black Box
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0-9Yl-llzKQkNxMbDiQFb8QUkeS3o2OW47GU3I_iCm_8uu-n1pB_20iSFggrS62ZuT9m6pFesq8AgNsbAbTObFhCm-OyRgZKeiTpRDGUADKe7Hcoks4viEja2ug5nwveeK5IRTQbP48k/s1600/3.jpgSemua data CVR dan data yang dikumpulkan sensor FDR dikirim melalui FDAU (Flight Data Acquisition Unit) yang yang terletak pada Electronic Equipment Bay di bawah Cockpit ke CSMU (Crash Survivable Memory Unit) di ekor pesawat.

Hal ini dikarenakan dalam setiap kecelakaan pesawat, bagian ekor merupakan bagian yang lebih utuh dibandingkan dengan moncong pesawat.

Walaupun demikian Black Box dalam pengujiannya harus melalui beberapa persyaratan yang sangat ketat untuk meminimalisir kerusakan data dan informasi. Tahapan yang dilalui harus melalui beberapa pengujian seperti :

Crash Impact : tahan benturan 3.400G
Static Crush : tahan beban 2.500 kg selama 5 menit
Fire Test : tahan panas 1.100 derajat celcius selama 1 jam
Mampu mengeluarkan sinyal Under Water Locator Beacon pada kedalaman 4.000 meter
Mampu menahan tekanan air pada kedalaman 7.000 meter

Untuk dapat dianalisis, data dan FDR dan CVR dibaca dengan menggunakan peralatan dan piranti lunak khusus. Di Amerika Serikat, hal ini dilakukan di laboratorium badan keselamatan transportasi nasional National Transportation Safety Board (NTSB), yang memperoleh Read Out System dan Software dan pembuat Black Box. Proses ini dapat memakan waktu mingguan bahkan berbulan-bulan. 

Hasil analisa dan Black Box bukanlah satu-satunya sumber untuk dapat menyimpulkan penyebab suatu kece-lakaan. Para penyelidik di Indonesia yang dilaksanakan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) harus menggabungkan dan mengsinkronisasikannya dengan berbagai macam temuan lainnya untuk dapat menyimpulkan secara utuh dan komprehensif. 

Badan Otoritas Penerbangan Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA) mewajibkan pesawat terbang komersial merekam sedikitnya 11 hingga 29 parameter, tergantung dari ukuran pesawat yang kemudian aturan ini diperbaharui pada tanggal 17 Juli 1997. Pesawat yang dibuat sesudah tanggal 19 Agustus 2002 diwajibkan untuk memiliki Black Box untuk merekam sedikitnya 88 parameter

Black Box dibandrol dgn harga sekitar US$10.000-15.000. Black Box berwarna oranye terang dengan stripping putih. Walaupun orang lebih mengenal penamaan menjadi Black Box karena banyak ditafsirkan dengan warna kematian, kotak berisi rahasia, kotak yg hangus terbakar dan lain-lain.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan

Tidak ada kecelakaan mobil yang begitu menakutkan atau mematikan seperti kecelakaan pesawat, meski banyak terjadi setiap hari. Berikut ini adalah daftar lima kecelakaan pesawat terbang yang paling banyak menimbulkan korban tewas dalam sejarah. Tidak termasuk bencana yang disebabkan oleh bom.

5. Korean Airlines Penerbangan 007, 1983


Lokasi: Laut Okhatsk dekat Pulau Moneron, Uni Soviet
Meninggal: 269 orang
Selamat: -

Pesawat Korean Airlines Penerbangan 007 sedang dalam perjalanan dari New York ke Seoul dengan transit di Anchorage, Alaska. Akibat kesalahan sistem navigasi, penerbangan dari Anchorage menuju Seoul menyimpang sedikit ke Utara, tidak lama setelah lepas landas.

Setelah menyadari melalui jalur yang salah, kru pesawat mencoba mengembalikan ke jalur yang benar. Saat itu, pesawat berada di atas pangkalan militer Uni Soviet. Korean Airlines 007 memang tak seharusnya melewati pangkalan Soviet, melainkan melewati Samudra Pasifik dan Jepang.

Tragisnya hubungan kedua negara adidaya itu (AS dan Uni Soviet) sedang tidak baik. Radar Uni Soviet mengira bahwa Korean Airlines 007 adalah pesawat mata-mata Amerika Serikat. Soviet lalu mengirim beberapa pesawat Sukhoi Su-15 untuk menembaknya. Setelah ditembak, api menyala di bagian belakang pesawat. Kemudian, pesawat itu tidak seimbang dan menjadi dua bagian. Pesawat lalu jatuh ke laut Okhatsk 12 menit kemudian. Peristiwa ini menewaaskan 240 penumpang dan 29 awak. Kecelakaan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Korea Selatan.

4. American Airlines Penerbangan 191, 1979


Lokasi: Bandara O’Hare, Des Plaines, AS
Meninggal: 273 orang, termasuk 2 jiwa di darat
Selamat: -

American Airlines Penerbangan 191 adalah sebuah pesawat Mcdounnall Douglas DC-10 yang jatuh di kompleks Chicago. llinois, Amerika Serikat saat hendak lepas landas dari Bandara Internasional O’Hare pada 25 Mei 1979. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 258 orang dan 13 awak ditambah 2 orang di darat, dan hingga kini merupakan kecelakaan pesawat terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Pesawat tersebut sedang dalam perjalanan dari Chicago menuju Los Angeles dan telah bersiap untuk lepas landas. Saat lepas landas (tepatnya ketika rotate – menaikan hidung pesawat), mesin kiri pesawat terayun-ayun dan terlepas. Ketika terlepas, mesin tersebut mengenai bagian depan sayap dan merusak sistem hidrolik pesawat secara keseluruhan.

Ketika menyadari apa yang terjadi, pilot melambatkan kecepatan pesawat. Pesawat tersebut menjadi miring ke kiri dan jatuh di lapangan kosong dekat tempat parkir trailer di ujung landasan. Puing-puing mesin kiri pesawat ditemukan berceceran di landasan pacu sesaat setelah pesawat tersebut jatuh.

3. Iran Airlines Penerbangan 655, 1988


Lokasi: Teluk Persia
Meninggal: 290 orang
Selamat: -

Iran Airlines Penerbangan 655 (IR655) adalah pesawat Airbus A300 komersial yang ditembak jatuh oleh rudal kapal perang AS USS Vincennes pada 3 juli 1988, di atas Selat Hormuz, pada akhir masa perang Iran-Irak. Pesawat ini sedang terbang dari Bandara Abbas Iran ke Dubai Uni Emirat Arab ketika dihancurkan oleh rudal AS. Kejadian ini menewaskan seluruh 290 penumpang dan awak kapal, termasuk 66 anak-anak. Ini adlah angka kematian tertinggi dari semua insiden penerbangan di Samudra Hindia dan semua insiden yang melibatkan Airbuss A300 di dunia.

Saat itu Vincennes sedang melewati Selat Hormuz, di dalam wilayah perairan Iran, dan saat serangan, IR655 juga dalam berada dalam wilayah udara Iran. Menurut pemerintah AS, para kru mengidentifikasi IR655 sebagai pesawat tempurF-14 Tomcat. Sedangkan menurut pemerintah Iran, Vincennes sengaja menembak jatuh pesawat sipil.

Pada tahun 1996, Amerika Serikat dan Iran mencapai kesepakatan dalam penyelesaian yang terkait dengan insiden itu di Mahkamah Internasional. AS setuju untuk membayar US$ 61.800.000 sebagai kompensansi kepada keluarga korban Iran. Namun secara resmi, AS tidak pernah mengaku bersalah atau meminta maaf kepada Iran.

2. Air Afrika Crash, 1996


Lokasi: Kinshasa, Republik Demokratik Congo
Meninggal: kurang lebih 300 orang, termasuk 2 awak pesawat
Luka parah: 253 orang

Ini adalah kecelakaan pesawat udara paling mematikan bagi orang di darat. Tidak banyak informasi tentagn kecelakaan ini, mungkin karena lokasi dan ilegalitas. Pesawat kargo yang disewa dari Rusia ini, dalam kondisi kelebihan beban, mungkin membawa senjata untuk kelompok militer Angola. Saat tingal landas, pesawat tidak mencapai kecepatan yang tepat, namuntetap berusasha untuk terbang. Akhirnya, pesawat menabrak pasar di dekatnya dan meledak dalam bola api, membunuh sekitar 300 orang, termasuk 2 awaknya dan 253 luka parah.

1. Saudi Penerbangan 163, 1980


Lokasi: Riyadh, Arab Saudi
Meninggal: 301 orang
Selamat: -

Enam menit setelah Saudia 163 Airlines lepas landas dari Riyadh, terdengar peringatan tentang asap di dalam kompartemen kargo. Para kru menghabiskan empat menit untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan, lalu akhirnya kembali ke bandara.

Kerusakan akibat api memaksa mereka untuk mematikan mesin bagian tengah. Pesawat mendarat dengan selamat, tetapi pesawat terus bergulir di landasan, menjauh dari kendaraan darurat yang sedang menantinya. Akibatnya, penyelamatan pun terlambat. Ditambah lagi, pintu-pintu tidak dapat dibuka oleh petugas penyelamat sampai lima belas menit setelah pendaratan. Akibatnya, semua penumpang dan awak pesawat meninggal karena menghirup asap selama awal evakuasi. Setelah kejadian ini, sumber api masih belum dapat diketahui.
Bookmark Blog Ini!

Sejarah Unik Perusahaan Otomotif Toyota

http://rri.co.id/Upload/Berita/toyota-logo_100177010_m.jpg

Brand perusahaan otomotif Toyota sudah sangat mendunia. Padahal, nama yang dipakai akibat desain logo buatan seseorang yang memodifikasi nama asli perusahaan tersebut.

Sejarah pembentukan Toyota dimulai sejak tahun 1933 oleh Kiichiro, dengan nama keluarga: Toyoda (inilah nama asli perusahaan tersebut). Dia adalah putra dari Sakichi Toyoda, taipan tekstil di Jepang.
Produksi mobil penumpang Model AA dimulai pada 1936

Pembentukan usaha otomotif ini karena didorong oleh pemerintah Jepang sebagai bagian dari kampanye perang terhadap Cina. Awalnya, perusahaan otomotif ini menjadi divisi terpisah dari perusahaan tekstil Toyoda Automatic Loom Works.

Toyota founder - Kiichiro Toyoda
Di saat yang sama, Kiichiro mengadakan lomba logo perusahaan yang baru dibangunnya. Ketentuan desainnya yaitu logo yang mengekspresikan "kecepatan".

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxRn3FBlXLGtb18YOGrRHnailsze1RqYjHg2f-msCeiXhk5o-3d4DmHz2ntK6lJyv6aJcMuhyphenhyphenvLAvW0jIpui2PBIkMjO_j-2D9AN-AsAQwmfxdr6AtauEa322q1EDBP7-xDfhGmeIAcXs/s320/top_pho_2.jpg

Akhirnya, sekitar 27.000 usulan masuk. Setelah ditentukan, terpilihlah logo yang menerakan tiga huruf katakana Jepang untuk kata "Toyoda" dalam sebuah lingkaran. Lucunya, pelafalan huruf tersebut berbunyi "Toyota".

http://www.cartype.com/pics/1648/small/toyota_yaris_club_logo1.jpg 

Siapa pembuat logo tersebut? Tidak disebutkan. Yang jelas, pemakaian nama "Toyota" diusulkan oleh Risaburo Toyoda - seseorang yang menikah dengan anak perempuan keluarga Toyoda. Alasannya, untuk menulis kata "Toyota" dalam huruf katakana hanya membutuhkan delapan sapuan kuas saja. Di Jepang, angka 8 dipercaya sebagai lambang keberuntungan dan kemakmuran.

Alasan lain, kata "Toyoda" berarti sawah yang subur. Maka, dengan memakai nama Toyota akan mencegah citra perusahaan dari urusan pertanian. Akhirnya kata "Toyota" disetujui dan perusahaan ini terdaftar pada bulan Agustus 1937 dengan nama dagang Toyota Motor Co.

Perubahan Logo
Logo Toyota berubah lagi pada tahun 1989. Lagi-lagi tak ada kejelasan siapa yang menciptakan simbol baru tersebut. Pastinya, logo ini diluncurkan bersamaan dengan merk dagang Lexus.


Logo yang baru ini merupakan gabungan dari tiga buah elips, yang membentuk karakter "T". Menurut petinggi di Toyota Motor Sales USA, Inc, logo baru tersebut melambangkan hubungan yang erat antara konsumen dengan produsen mobilnya.

Toyota City
Begitu besarnya perusahaan Toyota, mereka punya kota dengan nama yang sama, Toyota. Letaknya di Mikawa, prefektur Aichi. Yakni di sebelah timur Nagoya.

 


Sebenarnya nama asli kota tersebut Koromo. Selama tahun 1800-1900 tempat ini menjadi pusat pengembangan ulat sutra. Namun, produksinya terus menurun. Sehinga pada tahun 1934 pemerintah kota mengundang Toyota membangun perusahaandnya di kota tersebut.

Karena perusahaan Toyota mengalami perkembangan yang pesat, per-tanggal 1 Januari 1959 nama kota pun berubah menjadi Toyota.
Bookmark Blog Ini!

Rekomendasi Sejarah

Join Us